Header Ads

Kabar Baik untuk UMKM Makanan Pedas di Kalsel, Harga Cabai Kembali Normal

Pasca Iduladha, sejumlah komoditi di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin terpantau dengan stok aman dan tersedia, Kamis (27/6/2024).

Salah satu bahan pokok yang biasa dicari warga yaitu cabai dan tomat untuk melengkapi kebutuhan masakan dapur sehari-hari.

Pedagang bernama Rina mengatakan harga Cabai mengalami penurunan pasca Iduladha diantaranya cabai taji Rp50 ribu yang sebelumnya Rp55 ribu per KG.

Kemudian cabai merah besar dari harga Rp55 ribu sekarang menjadi Rp45 ribu per KG. Lalu, tomat dari harga Rp15 ribu menjadi Rp10 ribu per KG

Sementara untuk harga beras di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin bervariatif dari beras lokal hingga beras non lokal.

Buhanudin salah satu pedagang beras menyebut untuk harga beras siam Rp16 ribu per liter, beras hanyar hulu sungai Rp13 ribu dan beras unus dikisaran Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per liter. Ada juga beras pamanukan dari Jabar Rp13 ribu per liter, beras Thailand Rp12 ribu per liter.

Menurutnya, harga beras fluktuatif tergantung dari hasil panen petani khususnya di Banjarmasin. Sedangkan beras yang ada saat ini dijualnya merupakan hasil panen terdahulu dengan harga yang tidak mengalami perubahan.

"Saat ini para petani belum panen serentak, jadi tidak tau apakah gagal atau berhasil. Ini akan memengaruhi harga di pasaran," sebutnya.

Menurutnya jika petani di kawasan Gambut, Anjir dan kawasan sekitarnya berhasil panen semua, maka kemungkinan harga beras tidak mengalami kenaikan atau mungkin akan lebih murah.

"Kalau gagal atau sebagian saja yang berhasil panen, kemungkinan harga beras tetap atau bisa saja malah naik," jelasnya. (maya/sip)

No comments

close
pop up banner